Yang Tercecer dari Sawit

Oktober 2, 2007

Soal memanfaatkan limbah industri sawit, Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medanlah jagonya. Selain beberapa teknologi pengolahan limbah yang sudah ditulis di daurulang.com sebelumnya (lihat tulisan: Industri Sawit yang Bebas Limbah), ternyata masih ada yang tercecer, yakni memanfaatkan tandan kosong sebagai bahan baku kertas. “Dengan memanfaatkan tandan kosong ini, harga kertas bisa menjadi lebih murah,” demikian pernah disampaikan Purboyo Guritno, seorang peneliti di PPKS Medan, seperti dikutip Warta Ekonomi. Tandan kosong sawit adalah limbah padat dari kelapa sawit. Untuk penelitian sebagai bahan baku kertas, PPKS bekerja sama dengan Balai Besar Selulosa Bandung. Dalam kerjasama yang masih berupa pilot project ini sudah dihasilkan kertas cetak dan buku notes. Selain itu, PPKS juga bekerja sama dengan Pabrik Kertas Kraft Aceh.Namun untuk kerjasama yang kedua ini yang dihasilkan adalah kertas kraft (kertas kantong semen).

Bagi pabrik kertas yang sudah beroperasi dan selama ini memanfaatkan bahan baku kayu sebagai bahan pulp, pemanfaatan tandan kosong sebagai bahan baku kertas tidak membutuhkan investasi besar. Perusahaan itu tidak perlu membuat pabrik baru, cukup mengganti sejumlah alat potong dan sejumlah alt lainnya yang tidak begitu mahal.

Setelah dilakukan penelitian di laboratorium, bila digunakan sebagai bahan baku kertas HVS, tandan kosong sawit akan menghasilkan rendemen 35%, sedangkan bila untuk kertas koran rendemennya lebih besar lagi, yakni 50%. Artinya dari 3 juta ton tandan sawit akan dihasilkan 1,5 juta ton kertas koran. Bisa dibayangkan berapa kertas korang yang diperoleh bila Riau dan Sumut saja, menghasilkan tandan kosong sebanyak ratusan juta ton setiap tahun.

Kertas yang dihasilkan, setelah diuji menurut Standar Nasional Indonesia, telah dinyatakan lolos ujian. Namun sejauh ini belum ada investor yang tertarik memanfaatkan “tambang emas ini.” Buat mereka mungkin lebih praktis menebang saja hutan untuk mendapatkan bahan baku pulp.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: