Tak Sekadar Mendaur Ulang

Oktober 2, 2007

Peristiwanya sendiri sebenarnya sudah berlangsung hampir setahun lalu. Namun yang menarik untuk dibahas adalah moral di balik peristiwa itu. Awal September tahun 2001 Tire Recycling Management Association (TRMA), sebuah perusahaan pendaur ulang ban dari Alberta, Kanada, merayakan prestasi perusahaan itu yang telah berhasil mendaur ulang ban bekas mobil sebanyak 20 juta ban. Perayaan itu sendiri dihadiri oleh Menteri Lingkungan di Provinsi Alberta, Kanada, Lorne Taylor. Kehadiran seorang menteri dalam acara itu menunjukan keseriusan pemerintah dalam memperhatikan masalah lingkungan. Pemerintah, dalam hal ini, juga terlihat sangat apresiatif terhadap kegiatan swasta yang membawa pengaruh baik pada lingkungan.

Peringatannya sendiri dilangsungkan di Taman Wilbert McIntyre yang terletak di Edmonton, Alberta. Pilihan lokasi itu bukan tidak ada maksudnya. Taman itu merupakan proyek percontohan utama dari TRMA dalam hal pemanfaatan produk-produk yang terbuat dari ban bekas hasil daur ulang. Jalan-jalan setapak di taman itu misalnya, terbuat dari bata-bata yang bahannya berasal dari daur ulang ban bekas.
“Prasarana di taman ini merupakan contoh bagaimana Alberta telah mempelopori cara baru memanfaatkan produk daur ulang ban mobil,” ujar Sid Hinton, preskom TRMA. “Jalan setapak terbuat dari blok-blok karet dan produk-produk daur ulang lainnya merupakan sesuatu yang inovatif dan pilihan yang lebih aman dibanding bahan yang biasa dipakai melapisi permukaan tanah di taman-taman dan tempat-tempat bermain anak-anak.”

Program daur ulang ban diawali oleh Pemerintah Provinsi Alberta pada 1992, sebagai upaya membersihkan tempat pembuangan sampah di provinsi itu dari tumpukan rongsokan ban bekas. Langkah itu sekaligus menurunkan potensi dampak negatif yang bisa ditimbulkan pada lingkungan dan keamanan masyarakat. Saat ini tak ada lagi terlihat tumpukan ban bekas di tempat sampah, dan sekitar tiga juta ban bekas didaur ulang setiap tahunnya.

“Kami merasa bangga bahwa kenyataannya kami telah mendaur ulang 20 juta ban sejak program ini dimulai,” demikian diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup Alberta, Lorne Taylor. “Ini merupakan prestasi besar dan bukti komitmen masyarakat Alberta untuk bukan hanya menyingkirkan ban bekas dari tempat sampah, melainkan juga mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat dan baik buat lingkungan” Program daur ulang ban Alberta ini terus meningkat dari waktu ke waktu, dan boleh jadi merupakan yang terbaik di Kanada bahkan di dunia. Sejumlah bisnis baru pun muncul dan berkembang di provinsi itu, untuk mendaur ulang ban bekas menjadi produk-produk dan material yang memiliki nilai tambah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: