Menghemat Sumber Alam dan Energi

Oktober 2, 2007

Mengapa daur ulang kaleng baja merupakan hal yang penting? Penjelasannya sederhana saja. Bagaimanapun juga baja masih merupakan produk yang paling banyak didaur ulang. Baja 100% dapat didaur ulang, bahkan boleh dibilang siklus hidupnya tidak akan berakhir. Kendati baja rongsokan merupakan komponen penting untuk memproduksi baja baru, konsumen tidak mengembalikan produk itu dalam jumlah yang memadai untuk didaur ulang. Tetapi, apa sih keuntungan mendaur ulang baja? Bukan hanya mengurangi timbunan sampah di TPA, mendaur ulang baja juga akan menghemat energi dan sumber daya alam. Membuat baja dari kaleng bekas hanya memerlukan 75% energi yang digunakan untuk membuat baja dari biji besi. Itu berarti setiap kita mendaur ulang 1 ton baja, maka akan dihemat 1.131 kg biji besi, 633 kg batu bara dan 54 kg kapur. Itu sungguh suatu jumlah yang sangat berarti bagi anak cucu kita. Bagaimana memperlakukan kaleng bekas yang hendak kita taruh ke tempat sampah? Setiap kaleng yang berasal dari penggunaan yang bermacam-macam itu memerlukan perlakuan yang berbeda-beda pula.

Untuk kaleng bekas wadah makanan dan minuman, misalnya kaleng Milo, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah melepas tutup kaleng tersebut. Kemudian masukkan tutup itu ke dalam kaleng dan gencet kaleng itu dari atas hingga gepeng, untuk menghemat ruang di kotak sampah. Anda tak perlu repot melepas labelnya, namun jika memungkinkan boleh saja melepas label dan memasukannya ke kotak sampah khusus untuk kertas.

Sedangkan untuk kaleng cat, Anda harus membersihkan cat sisanya dengan kertas koran bekas, kemudian biarkan kering sebelum membuangnya ke kotak sampah. Bisa juga kaleng itu digepengkan dulu untuk menghemat ruang.

Untuk kaleng yang mengandung gas aerosol, seperti kaleng obat nyamuk semprot, kaleng parfum dan kaleng semprot lainnya, Anda harus hati-hati memperlakukannya. Jangan digencet atau ditusuk-tusuk, biarkan mereka yang biasa melakukan daur ulang untuk melakukannya. Jangan lupa melepas tutup plastik dan nozzlenya untuk dibuang di tempat yang terpisah.

Sedangkan untuk kaleng bekas minyak goreng, bersihkan dan keringkan terlebih dahulu sisa minyak gorengnya.lepas semua komponen plastik yang melekat pada kaleng itu dan buang di kotak dau ulang khusus plastik. Belah kaleng tersebut untuk menghemat ruang. Dengan melakukan hal-hal seperti yang disebut di atas, Anda akan meringankan beban mereka yang hendak mendaur ulang kaleng-kaleng tersebut. Gampang kan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: