Memanfaatkan Sisa Bahan Bangunan

Oktober 2, 2007

Mungkin Anda baru saja membangun atau merenovasi rumah tinggal yang kini Anda tempati. Biasanya ada saja barang yang tersisa, seperti tegel keramik, pralon berbagai ukuran juga batu-bata. Simpan saja benda-benda itu baik-baik. Siapa tahu suatu saat bermanfaat. Namun tentu saja itu tergantung dari ketersediaan ruang di rumah Anda. Menyimpan tegel keramik sisa, misalnya, biasanya sangat bermanfaat. Bahkan sebaiknya memang sengaja disisakan. Sebab biasanya setelah tiga-empat bulan ada saja keramik yang pecah. Entah karena kejatuhan benda berat atau terlepas dari lantainya karena udara panas. Jika kita masih menyimpan sisanya tentu kita tidak perlu repot-repot beli lagi. Apalagi biasanya setelah lewat setahun motif keramik sudah berubah, sehingga agak susah mencari tegel keramik yang motifnya persis sama dengan tegel yang sudah terpasang. Masalah ini bisa diatasi kalau kita masih menyimpan tegel keramik yang dibeli saat membangun rumah dulu.

Benda lain yang menarik untuk disimpan adalah pipa pralon. Biasanya ada saja sisa sepanjang 1-2 meter. Dengan sedikit kreativitas banyak barang bisa dibuat dari pralon sisa ini. Misalnya saja pot gantung. Pot ini bisa dibuat dari pralon ukuran 3 inci atau 4 inci atau yang lebih besar lagi. Panjangnya bisa berapa saja, tergantung sisinya dan juga selera Anda. Bikin lubang memanjang pada pralon tersebut dengan menggunakan gergaji kayu. Lebarnya kurang lebih 10 cm- 12 cm. Jangan persis sampai ujung pralon. Sisakan kurang lebih sepanjang 5 cm dari ujung pralon. Buat juga lubang-lubang kecil di bagian bawah kira-kira sebesar 0,5 cm diameternya. Lubang kecil ini berguna untuk mengeluarkan air sehabis tanaman yang ada di pot tadi disiram.

Tutup ujung pralon tadi dengan tutup pralon (cari di toko bahan bangunan), kemudian isikan tanah yang dicampur kompos ke dalam lubang pralon tadi. Setelah medianya siap, tanamlah bunga-bunga kesukaan Anda. Namun pilih tanaman yang ukurannya proporsional dengan potnya. Lalu ikat kedua ujung pralon dengan tali ijuk atau plastik, dan gantung dengan posisi horisontal, dengan lubang menghadap ke atas. Kita bisa mengantungnya di beranda, di halaman samping atau di masa saja sesuka Anda. Bukan hanya bunga, kita juga bisa menanam tomat atau cabe di pot gantung ini. Jika ingin lebih menarik, pot itu bisa kita cat dengan warna yang kita sukai.

Pipa paralon sisa juga bisa kita manfaatkan sebagai tempat payung. Pipa berdiameter 4 inci atau lebih diletakkan dengan posisi vertikal di lantai. Agar tak mudah rebah kita buat standar di bagian bawahnya, dengan sisa-sisa pelat baja atau besi beton. Bentuknya bisa kita buat secantik mungkin. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: