Cara Baru mengolah PET

Oktober 2, 2007

Inilah kabar baru buat para pemroses limbah botol PET atau botol aqua. Retech Recycling Technology AB dari Swedia telah mengembangkan sistem pengolahan botol PET yang mampu mengubah 500 kg botol aqua kotor menjadi serpihan-serpihan yang sudah bersih, hanya dalam satu jam. Sistem baru itu disebut PET 500. Pada tahap awal botol PET yang dalam keadan terbungkus ditampung pada satu wadah hingga penuh, kemudian dituangkan ke wadah lain yang didesain khusus untuk menyobek pembungkusnya. Kemudian botol-botol disorongkan ke conveyor belt yang bergerak perlahan-lahan. Pada tahap ini para pekerja menggunakan tangan melakukan sortasi untuk memisahkan botol PET dari komponen lain semacam beling, logam dan plastik-plastik lainnya.

Dari conveyor belt, botol itu kemudian diumpankan ke corong yang dilengkapi pisau yang akan merajang botol-botol itu menjadi serpihan kecil sepanjang 3 cm. Kemudian serpihan itu dilewatkan pada satu sistem yang dilengkapi dengan air, untuk memisahkan tutup botol dan ring. Serpihan itu kemudian dilewatkan pada sistem pencucian dan pengeringan. Lantas dilewatkan lagi ke corong yang dilengkapi pisau untuk memotong-motong serpihan itu menjadi potongan yang lebih kecil lagi, yakni sekitar 1 cm. Sisa-sisa label kalau masih ada dilepas di pemisah kedua, kemudian serpihan itu ditampung di satu wadah.

PET 500 memiliki keunggulan antara lain mudah dioperasikan, harga tidak mahal, biaya pengoperasian juga rendah, demikian pula dengan biaya pemeliharaan. Selain itu peralatan ini juga ramah lingkungan, karena dalam pengoperasiannya tidak menghasilkan limbah sama sekali. Keunggulan lainnya adalah cara kerjanya yang tuntas. Jadi botol PET masuk ke dalam sistem masih kotor, namun begitu keluar sudah bersih dan dalam potongan-potongan yang ukurannya memang sudah sesuai dengan keinginan industri pemakainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: