Bermain dengan Barang Bekas

Oktober 2, 2007

Berkarya kreatif memang tidak selalu berarti keluar duit. Justru semakin tidak ada dana, semestinya semakin terangsang kreativitas kita. Nah dalam urusan memanfaatkan barang bekas kuncinya memang pada kreativitas kita. Bila Anda memiliki anak berusia sekitar delapan sampai sepuluh tahun ajaklah ia berkreasi dengan barang-barang bekas untuk membuat permainan, atau membuat berbagai barang keperluan sekolahnya, dari barang bekas. Kegiatan menciptakan barang-barang menarik ini bisa merangsang kreativitas anak Anda sekaligus menghilangkan kebosanan pada permainan yang sudah dimilikinya saat ini.

Tahap pertama untuk memulai kegiatan ini tentu saja adalah mengumpulkan barang-barang yang sudah tidak berguna. Misalnya kaleng biskuit, kardus bekas wadah sereal, kaleng soft drink, botol -botol bekas makanan suplemen (botol-botol jenis ini terkadang bentuknya artistik), kardus bekas tempat telur, karton silinder bekas tempat tisu, kardus sepatu dan masih banyak lagi. Pilihlah barang-barang yang aman. Botol gelas misalnya, mungkin bentuknya artistik, tetapi sebaiknya dihindari buat anak-anak, karena kalau jatuh dan pecah akan sangat berbahaya buat mereka. Mungkin botol bekas bisa Anda simpan tersendiri, barangkali Anda ingin berkreasi dengan barang-barang itu.

Agar barang-barang tadi tidak berantakan dan terkesan seperti sampah, Anda harus enyimpannya dengan rapi. Ambil dos besar bekas tempat mie-instan misalnya, dan masukkan barang-barang tersebut satu persatu secara sistematis. Kaleng besar taruh paling bawah, kemudian di atasnya diisi dengan kaleng yang lebih kecil dan seterusnya, sehingga akan tampak rapi dan kompak. Pada kaleng yang kecil Anda bisa menyimpan spidol, gunting, lem, pinsil warna. Ajak anak-anak Anda untuk ikut mengumpulkan barang-barang bekas, dan menyimpannya dengan rapi. Ini akan membuat anak-anak Anda merasa terlibat dalam kegiatan ini.

Jika di antara barang-barang itu ada yang merupakan bekas wadah obat atau bahan kimia, pastikan bahwa Anda sudah mencucinya bersih-bersih, sehingga tidak ada residu yang bisa berbahaya buat Anda dan anak-anak Anda. Jika barang yang terkumpul sudah cukup banyak dan beragam, Anda bisa memulai proyek ini. Keragaman ini penting karena semakin beragam semakin banyak kemungkinan hasil karya bisa Anda hasilkan.

Nah kini Anda sudah bisa mulai. Siapkanlah tempat khusus, berupa meja kosong. Syukur-syukur bisa berupa meja pendek sehingga anak Anda bisa duduk di lantai ketika bekerja. Ini akan lebih memberi kebebasan kepada mereka. Bentangkanlah lembaran plastik atau koran di bawah meja dan di atas meja, sehingga bila ada yang tumpah Anda lebih mudah membersihkan.

Dari kardus sereal mungkin bisa dibuat ikan-ikanan. Dengan bantuan spidol, crayon atau cat air, ikan-ikanan itu akan tampak lebih menarik. Dari kaleng soft drink dikombinasi dengan beberapa benda kecil lainnya, kita bisa berkreasi membuat mobil tangki atau mobil-mobil besar jenis lainnya. Kemudian dari botol plastik bekas makanan suplemen mungkin Anda bisa membuat robot-robotan dikombinasi dengan tutup tube odol dan benda-benda lain. Atau dari bekas wadah suplemen atau kalengb soft drink, dipotong miring, bisa dibuat tempat pensil yang artistik.

Masih banyak kemungkinan bisa Anda ciptakan. Selamat berkreasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: