Barang-barang Dibuang Sayang

Oktober 2, 2007

Barang-barang Dibuang Sayang Disket
Perusahaan pembuat software, biasanya punya masalah limbah disket. Limbah itu berasal dari software yang tidak terjual. Karena disket yang biasa dipakai untuk menyimpan sofware itu merupakan disket yang berkualitas bagus, tentunya masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Disket-disket ini bisa dihapus perangkat lunak yang mengisinya, diformat kembali, diuji dan terakhir diberi label. Disket ini bisa dijual kembali, asalkan dengan jelas diinformasikan kepada konsumen bahwa ini adalah disket bekas pakai.

Compact Discs (CD)

CD yang rusak dapat diperbaiki kembali. Dan memperbaiki CD rusak atau menggunakannya kembali jelas masih lebih baik ketimbang mendaurulangnya. Sejumlah goresan kecil pada CD dapat digosok dengan pasta gigi. Gosok secara radial pada bagian yang tidak berlabel, dari pusat mengarah keluar. Untuk kerusakan yang lebih parah kadangkala dapat diperbaiki di tempat reparasi profesional.
Jika Anda sudah tidak menyukai CD yang Anda miliki, jual saja ke toko musik atau dinasikan pada orang lain. Sedangkan CD rusak yang tidak dapat lagi diperbaiki sama sekali, mau-tak-mau memang harus didaurulang.
Jika Anda khawatir dengan kerahasiaan data yang ada di CD tersebut, Anda bisa memotongnya dengan gunting seng yang besar.

Lenca Kacamata

Lensa kaca mata, baik minus maupun plus, bila sudah tidak sesuai lagi dengan ukuran mata pemakainya, biasanya hanya disimpan begitu saja untuk akhirnya hilang tidak terlacak. Padahal lensa kaca mata ini sebenarnya masih bisa digunakan orang lain. Dihaluskan dulu bila ada goresan-goresannya, kemudian bentuknya disesuaikan dengan ukuran framenya, jadilah lensa itu bermanfaat kembali.

Alangkah baiknya bila ada organisasi nirlaba yang bisa mengumpulkan lensa-lensa bekas ini dari optik-optik yang ada. Toh bagi pemiliknya biasanya sudah tidak berguna lagi. Lensa-lensa bekas itu didata dan dibuat data basenya berdasarkan ukuran dan jenisnya. Kemudian dipublikasikan ke masyarakat lewat berbagai media atau situs yang sengaja dibangun untuk itu. Nah, orang yang kurang mampu, bisa mendapatkannya secara gratis atau dengan imbalan sekadarnya.

Bagi yang mau menekuninya, mengumpulkan dan manjual kembali lensa-lensa bekas ini sebenarnya bisa menjadi bisnis yang cukup menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: